Kamis, 19 April 2012

electronic banking (e-banking)

Perbankan Elekronik : E-banking) adalah salah satu sektor yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah perbankan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di sektor perbankan nasional relatif lebih maju dibandingkan sektor lainnya. Perbankan elektronik mencakup wilayah yang luas dari teknologi yang berkembang pesat akhir-akhir ini. Beberapa diantaranya terkait dengan layanan perbankan di “garis depan”, seperti ATM dan komputerisiasi (sistem) perbankan, dan beberapa kelompok lainnya bersifat "garis belakang", yaitu teknologi-teknologi yang digunakan oleh lembaga keuangan, 'merchant, atau penyedia jasa transaksi.. Berbagai jenis teknologinya diantaranya meliputi: • Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine) • Sistem Aplikasi Perbankan (Banking Application System) • Sistem Penyelesaian Bruto Waktu-Nyata (Real-Time Gross Settlement System) • Perbankan Daring (Internet Banking) • Sistem Kliring Elektronik Bank Indonesia sendiri lebih sering menggunakan istilah Teknologi Sistem Informasi Perbankan untuk semua terapan teknologi informasi dan komunikasi dalam layanan perbankan, atau lebih populer dengan istilah perbankan elektronik (electronic banking) Keterhubungan Saat ini sebagian besar layanan perbankan elektronik terkait langsung dengan rekening bank. Jenis perbankan elektronik yang tidak terkait rekening biasanya berbentuk nilai moneter yang tersimpan dalam basis data atau dalam sebuah kartu (cip dalam kartu pintar). Dengan semakin berkembangnya teknologi dan kompleksitas transaksi, berbagai jenis perbankan elektronik semakin sulit dibedakan karena fungsi dan fiturnya cenderung terintegrasi atau mengalami konvergensi. Sebagai contoh, sebuah kartu plastik mungkin memiliki “magnetic strip” yang memungkinkan transaksi terkait dengan rekening bank, dan juga memiliki nilai moneter yang tersimpan dalam sebuah chip. Kadang kedua jenis kartu tersebut disebut “debit card” oleh merchant atau vendor Jenis layanan Perbankan Daring Perbakan daring (online banking) pada dasarnya merupakan gabungan dua istilah dasar yaitu daring (online) dan perbankan (banking). Saat ini internet telah menghubungkan lebih dari 100.000 jaringan komputer di dunia dengan pengguna lebih dari 100 juta orang. Dapat melakukan transaksi perbankan (finansial dan non-finansial) melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet bank. Jenis transaksi : • transfer dana, • Informasi saldo • mutasi rekening • informasi nilai tukar • pembayaran tagihan (misal: kartu kredit, rekening telepon, rekening listrik, asuransi) • pembelian (misal: pulsa ponsel, tiket pesawat, saham) Perbankan bergerak Perbankan bergerak (mobile banking) adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon seluler GSM dengan menggunakan SMS. Jenis transaksi: • transfer dana • informasi saldo • mutasi rekening • informasi nilai tukar • pembayaran (kartu kredit, rekening listrik, rekening telepon, asuransi) • pembelian (pulsa isi ulang, saham). Kejahatan dalam Perbankan Elektronik Lubang keamanan (security hole) akan selalu ada, hal ini bisa diamati dari situs web yang melaporkan adanya lubang keamanan setiap hari. Namun bisnis tidak dapat berhenti karena adanya potensi lubang keamanan. Untuk sekadar transaksi yang bersifat informatif (tidak ada pengurangan saldo) maka cukup menggunakan ssandi lewat (password) untuk masuk, tetapi untuk transaksi yang sifatnya memindahkan/mengurangi saldo nasabah diminta untuk memasukan pin yang dihasilkan oleh suatu alat yang biasa disebut token atau pin. Alat ini akan mengeluarkan deretan angka (biasanya 6 digit) yang hanya identik dengan rekening nasabah tersebut. Jadi token lain tidak mungkin bisa digunakan pada rekening. Yang dapat dilakukan adalah meningkatkan tingkat kesulitan untuk masuk dengan menggunakan pengamanan-pengamanan, dinding api (firewal) & IDS (dalam kasus server Internet). kejahatan siber yang merupakan kejahatan di dunia maya (siber) sangat memungkinkan data nasabah di sadap pada saat melakukan transaksi perbankan elektronik. Tips Aman E-banking • Jangan memberitahukan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda kepada orang lain • setiap melakukan transaksi melalui SMS Banking, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima respon balik atas transaksi tersebut. • Kemudahan akses rekening Nasabah dapat dengan mudah mengakses berbagai jenis rekening yang dimiliki : • Rekening Tabungan • Rekening Giro • Deposito Berjangka • Rekening Kartu Kredit • Kartu Kredit • Dapat juga melakukan transaksi dengan mata uang yang berbeda (multi currency & cross currency) • Selain itu nasabah dapat membuat Recurring transaksi (transaksi yang akan dijalankan secara tetap setiap bulan) ELECTRONIC BANKING Bank menyediakan layanan Electronic Banking atau E-Banking untuk memenuhi kebutuhan Anda akan alternative media untuk melakukan transaksi perbankan, selain yang tersedia di kantor cabang dan ATM. Dengan Electronic Banking, Anda tidak perlu lagi membuang waktu untuk antri di kantor-kantor bank atau ATM, karena saat ini banyak transaksi pebankan dapat dilakukan dimanapun, dan kapanpun dengan midah dan praktis melalui jaringan elektronik, seperti internet, handphone, dan telepon. Contohnya adalah transfer dana antar rekening maupun antar bank, pembayaran tagigan, pembelian pulsa isi ulang, ataupun pengecekan mutasi dan saldo rekening. Cara Mendapatkan E-Banking Anda yang telag memiliki rekening Tabungan atau Giro dapat mengajukan layanan E-Banking, yang meliputi internet banking, mobile banking, phone banking dan sms banking. I. INTERNET BANKING Anda dapat melakukan transaksi perbankan (finansial dan non-finansial) melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet bank. Jenis Transaksi : −Transfer dana −Informasi saldo, mutasi rekening, informasi nilai tukar −Pembayaran tagihan (misal: kartu kredit, telepon, handphone, listrik) −Pembelian (misal: pulsa isi ulang, tiket pesawat, saham) Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Internet Banking −Jangan pernah memberitahukan User ID dan PIN (Personal Identification Number) Anda kepada orang lain, termasuk kepada petugas dan karyawan Bank −Jangan meminjamkan KeyToken pengaman transaksi Anda kepada orang lain −Jangan mencatat User ID Anda di tempat yang mudah diketahui orang lain −Gunakan User ID dan PIN Anda secara hatihati agar tidak terlihat dan diketahui oleh orang lain −Pastikan Anda mengakses alamat situs bank dengan benar. Pahami dengan baik situs bank Anda II. MOBILE BANKING Adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone GSM (Global for Mobile Communication) dengan menggunakan SMS (Short Message Service). Jenis Transaksi −Transfer dana −Informasi saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar −Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi) −Pembelian (pulsa isi ulang, saham) Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Mobile Banking −Anda wajib mengamankan PIN Mobile Banking −Anda bebas membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera melakukan penggantian PIN. −Bilamana SIM Card GSM Anda hilang/dicuri/ dipindahtangankan kepada pihak lain, segera beritahukan bank Anda terdekat atau segera telepon ke Call Center bank tersebut. II. PHONE BANKING Adalah layanan yang diberikan untuk kemudahan dalam mendapatkan informasi perbankan dan untuk melakukan transaksi finansial non-cash melalui telepon. Jenis Transaksi −Transfer dana −Informasi saldo, mutasi rekening −Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi) −Pembelian (pulsa isi ulang) Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Phone Banking −Anda wajib mengamankan PIN Phone Banking −Anda bebas untuk membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera lakukan penggantian PIN. IV. SMS BANKING Adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message service) Jenis Transaksi : −Transfer dana −Informasi saldo, mutasi rekening −Pembayaran (kartu kredit) −Pembelian (pulsa isi ulang) Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi SMS Banking −Jangan memberitahukan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda kepada orang lain −Jangan mencatat dan menyimpan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda di tempat yang mudah diketahui oleh orang lain. −Setiap kali melakukan transaksi melalui SMS Banking, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima response balik atas transaksi tersebut. −Untuk setiap transaksi, Anda akan menerima pesan notifikasi atas transaksi berupa SMS yang akan tersimpan di dalam inbox. Keuntungan Electronic Banking Mudah 1. dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. 2. hanya dengan menggunakan perintah melalui komputer dan/atau alat komunikasi yang Anda gunakan, dapat langsung melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke kantor bank atau ke ATM (kecuali untuk ambil uang tunai). Aman 1. Electronic Baning dilengkapi dengan security user ID dan PIN untuk menjamin keamanan atas transaksi yang Anda lakukan. 2. Beberapa bank juga menggunakan KeyToken alat tambahan untuk mengamankan transaksi finansial, seperti Internet Banking. Dengan demikian, transaksi Anda semakin aman. 3. SMS Banking dilengkapi dengan sistem proteksi dengan menggunakan kode akses/nomor pribadi yang Anda pilih sendiri dan nomor ponsel yang Anda daftarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Pengikut